Gunung Rinjani dan Informasi Jalur Pendakiannya

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung favorit pendaki gunung indonesia. Memiliki ketinggian 3.726 m dpl, terletak di Pulau Lombok. Secara administratif gunung rinjani ini berada dalam wilayah tiga kabupaten; Lombok Timur, Tengah dan Barat. Keindahan akan pemandangan di rinjani menjadi daya tarik bagi sebagian pendaki gunung yang pergi kesana. Selain itu, banyak juga wisatasan asing yang jauh-jauh datang dari luar negeri hanya sekedar untuk menikmati panorama alam gunung rinjani.
Puncak gunung rinjani dapat ditempuh dengan melewati 3 jalur, yaitu senaru, sembalun dan torean. Setiap tahunnya, banyak pengunjung berdatangan dari kalangan mahasiswa, pecinta alam, pendaki gunung bahkan penduduk lokal yang hanya ingin sekedar memancing di segara anakan. Paling umum banyak yang naik melewati jalur sembalun dan turun melalui jalur senaru. Sedangkan jalur torean jarang dipakai wisatawan untuk melakukan pendakian gunung rinjani ini.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani


Ada 3 jalur resmi yang dibukan untuk pendakian gunung rinjani. Yaitu melalui senaru, sembalun dan torean. Namun yang paling populer dikalangan wisatawan dan pendaki adalah melalui senaru dan sembalun. Berikut informasi ketiga jalur resmi gunung rinjani:

JALUR PENDAKIAN SENARU GUNUNG RINJANI
Jalur senaru adalah jalur yang paling ramai dan sering digunakan. Selain para wisatawan, jalur ini seringkali digunakan oleh masyarakat adat. Jarak tempuh dari senaru - danau segara anak yaitu ± 12 jam. Lalu Anda bisa melanjutkan pendakian pada jam 2 dini hari untuk mencapai puncak rinjani membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

- Mataram - Senaru (± 3 - 4 Jam Kendaraan Umum)
- Senaru - Danau Segara Anak (± 7 - 10 Jam Jalan Kaki)
- Danau Segara Anak - Pelawangan Sembalun (± 4 Jam Jalan Kaki)
- Pelawangan Sembalun - Puncak Rinjani (± 2 - 3 Jam Jalan Kaki)

JALUR PENDAKIAN SEMBALUN GUNUNG RINJANI
Jika Anda ingin menikmati tanjakan dengan panorama padang savana, maka sembalunlah jalur yang cocok untuk Anda. Dari gerbang sembalun sampai puncak kira-kira memakan waktu 9-10 jam. Apabila dibandingkan dengan jalur senaru, sembalun tidak begitu curam.

- Mataram - Sembalun (± 4 - 5 jam kendaraan umum)
- Sembalun Lawang - Puncak Gunung Rinjani (± 7 Jam Jalan Kaki)
- Sembalun Lawang - Danau Segara Anak (± 2 - 3 Jam Jalan Kaki)

JALUR PENDAKIAN TOREAN GUNUNG RINJANI
Jalur ini sama dengan jalur senaru, yaitu harus melewati dulu segara anak. Setelah di segara anak, Anda bisa melanjutkan pendakian ke puncak pada dini hari. Jarak dari Pos III Torean menuju ke Plawangan Torean ± 3,50 Km dengan kemiringan ± 30 - 40%, sepanjang perjalanan kita akan berada dalam apitan 2 buah gunung dan kita juga dapat menikmati aliran sungai (Kokok) Putih.

- Mataram - Torean (± 4 - 5 Jam Kendaraan Umum)
- Torean - Danau Segara Anak (± 8 - 9 Jam Jalan Kaki)

Jika Anda ingin melakukan pendakian gunung rinjani maka persiapkan segala sesuatunya dengan matang. karena cuaca dan jarak tempuh tidak mudah untuk dilalui. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan ilmu pendakian gunung serta informasi akurat tentang transfortasi untuk sampai ke gunung rinjani ini.

Related Posts:

0 Response to "Gunung Rinjani dan Informasi Jalur Pendakiannya"

Poskan Komentar